Strategi



Strategi Pengelolaan Unit Pertokoan dan Fotokopi

Dalam pengelolaan berbagai unit usahanya KPRI Sedar Mandiraja menerapkan strategi agar banyak menjaring konsumen. Bagaimanapun juga kita harus memahami bahwa konsumen/omset yang akan menentukan maju mundurnya usaha ini. Semakin banyak konsumen maka akan semakin banyak omset tercipta dan itu akan membawa dampak yang positif untuk kemajuan koperasi. Hal ini akan semakin memuluskan usaha untuk bisa menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat.

Berikut ini beberapa strategi yang diterapkan :

Internal
1.    Menciptakan penampilan toko yang menarik : bersih, terang, segar, nyaman.
2.    Menciptakan pelayanan yang mengesankan : senyum, salam, sapa.
3.    Melakukan pembinaan dan pendidikan karyawan dan karyawati guna menciptakan karyawan  dan karyawati yang mempunyai integritas tinggi.

Eksternal
1.    Membuat Kartu Sedar-Ku khusus untuk pelanggan umum / non anggota.
2.    Menjalin kerjasama dengan suplier-suplier besar.
3.    Mengadakan promosi secara bertahap dan berkelanjutan.
4.    Mengeluarkan zakat barang toko setiap tahun.
5.    Membangun kerjasama antar koperasi.

Strategi Pengelolaan Unit Simpan Pinjam

1.    Menjalin kerjasama dengan pihak ke III guna memenuhi kebutuhan permodalan.
2.    Menjalin kerjasama dengan Perusahaan Asuransi untuk memberikan kenyamanan kepada anggota yang mempunyai pinjaman di koperasi.
3.    Memberikan plafond pinjaman sampai dengan Rp. 150.000.000,-
4.    Memberikan pelayanan masa angsuran maksimal selama 10 tahun / 120 bulan.
5.    Memberikan jasa pinjaman sebesar 1% flat.
6.    Memberikan bunga simpanan sukarela sebesar 0,7% per bulan / 8,4% per tahun.