Profil


I.      PROFIL KPRI SEDAR MANDIRAJA
KPRI Sedar Mandiraja berdiri pada tanggal 12 Februari 1972. Pada awalnya berupa kegiatan yang bersifat sosial ekonomi pada tahun 1960. Nama “SEDAR” merupakan sebuah akronim dari “Sedaring Dhiri Agawe Rahayu” yang artinya : Sadarlah akan potensi dirinya agar selamat.
KPRI Sedar berdiri berazaskan kekeluargaan dan gotong royong dengan tujuan memajukan kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berdasarkan Undang-undang Dasar 1945.
Unit toko secara resmi didirikan pada tanggal 8 Januari 1997 dengan nama “Toko Sedar” dengan sistem tradisional. Tanggal 1 Juni 2005 Pengurus, Pengawas dan Manajemen melakukan perubahan gaya dari pelayanan tradisional menjadi moderen/ mini market dengan sistem manajemen baru.


II.    BIDANG ORGANISASI
A.    Susunan Pengurus dan Pengawas
Penasihat : Kepala Cabang Dinas Mandiraja
Ketua : Sudarto, S.Pd
Wakil Ketua : Sukar, S.Pd.SD
Sekretaris : Akhmad Saheri, S.Pd
Bendahara : Sunarto, S.Pd.SD
Pembantu Umum : Akhmad Syaefudin, S.Pd.SD
Pengawas : Masdar, S.Pd, Suwakhyo, S.Pd, Baedowi, S.Pd.I

B.    Struktur Karyawan
Jumlah karyawan KPRI Sedar Mandiraja ada 18 orang :
Laki-laki = 11 orang, Perempuan = 7 orang.

Manager : Anang Marwanto
Bagian Akuntansi : Warni Sulaiman
Bagian Usaha Simpan Pinjam : Sigit Indiarto, SE
Bagian Pengadaan : Mukhodim
Bagian Gudang : Supriyadi

Kasir/ PA :
1.     Nurchayati
2.     Anindya Rizka Pradipta
3.     Nerrisa Arviana
4.     Singgih Arianto
5.     Derry Yuherlian
6.     Akhmad Miftahudin

Foto copy / Rental :
1.     Suyud
2.     Istanto
3.     Wawan Firgianto
4.     Neni Masyiroh
5.     Dwi Saputro

Satpam / Jaga Malam :
1.     Turip
2.     Suhadi

C.    Jumlah Anggota
Sampai dengan 31 Desember 2009 KPRI Sedar Mandiraja mempunyai anggota sebanyak 387 orang. Laki-laki = 192 orang, Perempuan = 195 orang. Terdiri dari Tenaga Kependidikan, Staf Kantor Dinas Pendidikan, Karyawan KPRI Sedar yang berada dalam naungan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kecamatan Mandiraja.

D.    Kegiatan
1.     Pengurus
a.     Memantau pekerjaan masing-masing unit usaha dan berkoordinasi dengan manager.
b.    Rapat Pengurus dan Manager setiap tanggal 20.
c.     Rapat rutin Pengurus, Pengawas, Manager setiap tanggal 25.
d.    Piket pendampingan Pengurus.
e.     Mendampingi checking pengawas setiap akhir bulan.
f.     Menindaklanjuti kritik/ saran dari anggota/ pelanggan.
g.    Melayani kunjungan dari KPRI lain.

2.     Pengawas
a.     Evaluasi Pelayanan Unit Simpan Pinjam setiap tanggal 10.
b.    Rapat rutin Pengurus, Pengawas, Manager setiap tanggal 25.
c.     Sidak brankas setiap saat.
d.    Evaluasi Usaha Pertokoan dan Simpan Pinjam setiap akhir bulan.
e.     Checking kas brankas dan checking barang toko/SO setiap akhir bulan.

E.    Peraturan Khusus
Peraturan khusus merupakan pedoman bagi Pengurus, Pengawas dan Manager dalam menjalankan koperasi supaya menjadi koperasi yang sehat, kuat, mampu mensejahterakan pengelola, anggota dan masyarakat sekitarnya.
Adapun aturan-aturannya :
1.     Peraturan Khusus No. 1 Tahun 2004 tentang Pembagian Tugas Pengurus.
2.     Peraturan Khusus No. 2 Tahun 2004 tentang Kedudukan Keuangan Pengurus, Pengawas dan Penasihat.
3.     Peraturan Khusus No. 3 Tahun 2004 tentang Karyawan KPRI.
4.     Peraturan Khusus No. 4 Tahun 2004 tentang Perkreditan Uang.
5.     Peraturan Khusus No. 5 Tahun 2004 tentang Perubahan Persus Kredit No. 4 Tahun 2004.
6.     Peraturan Khusus No. 6 Tahun 2004 tentang Pemberian Bingkisan dan Kenang-kenangan Kepada Anggota.
7.     Peraturan Khusus No. 7 Tahun 2004 tentang Dana Jaminan Karyawan Purna Karya.
8.     Peraturan Khusus No. 8 Tahun 2004 tentang Perubahan Persus Perkreditan No. 4 dan No. 5 Tahun 2004.
9.     Peraturan Khusus No. 9 Tahun 2004 tentang Bingkisan dan Kenang-kenangan Kepada Anggota.

F.    Kunjungan Study Banding
1.     KPRI Nasib Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo.
2.     Peserta Diklat Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah.
3.     PKPRI Kabupaten Demak.
4.     Koperasi Amal Bhakti Delli Serdang.
5.     KPRI Eka Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga.

III.   BIDANG USAHA
A.    Bidang Usaha KPRI Sedar meliputi :
1.     Unit Simpan Pinjam.
Upaya-upaya peningkatan Usaha Simpan Pinjam :
a.     Menjalin kerjasama dengan BNI Cabang Temanggung sebagai sumber permodalan.
b.    Menjalin kerjasama dengan pihak Asuransi Takaful Purwokerto untuk memberikan kenyamanan dan keamanan baik bagi koperasi atau anggota.
c.     Memberikan kredit jangka panjang kepada anggota dengan ketentuan :
1)     Maksimal pinjaman Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah).
2)     Lama pinjaman maksimal 10 tahun / 120 bulan.
3)     Besar jasa pinjaman 1% (satu persen) flat / tetap.
4)     Agunan SK CPNS, SK Kenegrian, SK Kenaikan Pangkat, Karpeg, Taspen (Asli).
d.    Memberikan bunga simpanan sukarela 0,8% per bulan.
e.     Membuat buku tabungan yang layak seperti halnya buku tabungan di Bank lain.

2.     Unit Pertokoan, foto copy, rental komputer dan pelayanan rekening listrik, telepon, pulsa dan lain-lain.
Upaya-upaya peningkatan usaha pertokoan :
a.     Menciptakan toko yang bersih, nyaman, rapi dan menarik.
b.    Menjalin kerjasama yang berkesinambungan dengan KJA untuk perawatan dan pengembangan software penjualan unti pertokoan.
c.     Menjalin kerjasama dengan suplier untuk mendapatkan bonus-bonus/diskon dan display barang.
d.    Mengkondisikan barang selalu tersedia, rapi, menarik, bersih dan ada informasi harga/label.
e.     Menanamkan pelayanan yang sopan, ramah, simpati, mengesankan kepada karyawan.
f.     Membuat event-event promosi baik untuk anggota / masyarakat umum.
g.    Mengeluarkan zakat barang dagangan toko setiap tahun.
h.     Membuat promosi-promosi ke unit-unit kerja dalam upaya kerjasama pengadaan alat tulis, pengetikan dan foto copy.

3.     Kemitraan Toko Sedar II
Dalam upaya meningkatkan usaha dan kesejahteraan anggota koperasi, KPRI Sedar bekerjasama dengan toko pakaian Genta Busana. Dari kemitraan Toko Sedar II dengan toko pakaian Genta Busana, koperasi mendapatkan keuntungan Rp. 11.000.000,- (sebelas juta) bersih per tahun.

4.     Kerjasama dengan bengkel, toko matrial bahan bangunan dan lain-lain.
Dalam rangka memenuhi kebutuhan anggota, koperasi menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan / toko-toko yang dapat memenuhi kebutuhan anggota dan memberikan keuntungan bagi koperasi.

IV.   MANFAAT KPRI “SEDAR” MANDIRAJA
A.    Bagi anggota
1.     Dari Uaha Simpan Pinjam KPRI Sedar dapat melayani kebutuhan-kebutuhan anggota untuk pendidikan anak sekolah, perbaikan rumah, dana kesehatan dan lain-lain dengan suku bunga yang relatif ringan.
2.     Membantu anggota KPRI Sedar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui pelayanan unit pertokoan yang dapat melayani kredit barang toko dalam tempo 1 bulan tanpa jasa.

B.    Bagi masyarakat
1.     Memberikan lapangan kerja kepada masyarakat sekitar dengan upah rata-rata di atas upah maksimum regional Banjarnegara.
2.     Membantu masyarakat dengan dana sosial yang ada untuk memberikan bantuan-bantuan kepada organisasi yang mengajukan proposal kepada koperasi, memberikan bantuan hari-hari besar dan zakat barang toko.
3.     Melayani kebutuhan masyarakat lewat pelayanan toko mulai pukul 07.00 s/d 21.00 setiap hari dan berdasarkan omzet tahun 2009, pembeli dari masyarakat umum yang dapat dilayani sebesar Rp. 3 milyar, sedangkan anggota hanya memberikan kontribusi sebesar Rp. 1 milyar, rasio 3 : 1.

C.    Bagi lembaga pendidikan
1.     Memberikan peluang kepada siswa-siswi khususnya SMK untuk praktik secara langsung menerapkan teori dari sekolah dengan dunia kerja nyata.
2.     Memberikan sertifikat kepada siswa-siswi yang melaksanakan prakerin (PSG) di KPRI Sedar Mandiraja.

D.    Bagi lembaga koperasi
1.     Memberikan pendidikan kepada koperasi-koperasi yang melaksanakan study banding di KPRI Sedar Mandiraja dalam pengelolaan koperasi dengan sistem komputerisasi dan sistem manajemen.